Blue Line : Pembangunan Stasiun Tambun

Blue Line : Pembangunan Stasiun Tambun
Daxa.net

Kondisi terkini bagi para calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi Jawa Barat sangat memprihatinkan. Jika panas kepanasan dan jika hujan akan kehujanan. Hal ini terjadi karena peron tempat mereka berpijak menunggu rangkaian kereta tidak beratap.


“Pernah, pas kereta mau masuk stasiun, kami berlarian… eh ternyata hujan. Terpaksa kami masuk ke kolong peron yang terbuat dari palat besi yang tingginya hanya 50 cm. Para calon penumpang terpaksa berteduh di bawah peron yang berbentuk panggung.
Meski berdesak-desakan ada cipratan air hujan, mereka tampak terpaksa sambil menunggu KRL CL datang. Mau nyeberang ke rumah warga, sudah tertutup dan nggak ada jalan,” ujar warga Mekarsari Tengah, Tambun Selatan. Penumpang ini mengatakan dirinya lupa bawa payung jadi berteduh di bawah peron.


Apalagi saat musim angin tiba, ini sangat menyulitkan calon penumpang yang naik – turun di Stasiun ini. Jika mau menerobos ke luar stasiun harus terguyur hujan, kalaupun bisa tetap di peron sudah pasti basah kuyup.


Beberapa penumpang beringinan agar PT. KAI segera membangun stasiun Tambun seperti Stasiun Bekasi Timur dan Stasiun Cibitung. Humas Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Joice Hutajulu mengatakan, “di Stasiun Tambun tidak boleh sembarang dibangun karena sudah merupakan bangunan cagar budaya”.


Ada permasalahan perizinan. Karena kami nggak boleh sembarangan men-treatment Stasiun Tambun. Stasiun tersebut sudah ditetapkan sebagai cagar budaya,” kata Joice.


Ia menjelaskan, sebelum membangun Stasiun Tambun, pihaknya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan institusi yang menentukan stasiun tersebut menjadi cagar budaya. “Nah hasil dari itu baru kami boleh, dia kan akan lihat nanti desainnya seperti apa, treatment-nya juga. Setelah mendapat persetujuan dari mereka baru kami boleh melakukan pekerjaan,” Joice menjelaskan tentang situasi stasiun Tambun saat ini.


Joice memberikan informasi ada perencanaan untuk membangun kembali Stasiun Tambun. “Desainnya sendiri, akan serupa dengan tiga yang lain yaitu Stasiun Bekasi Timur, Cibitung, dan Cikarang”. Joice juga memastikan, jika ada pekerjaan pembangunan Stasiun Tambun, perjalanan KRL tidak akan terganggu.


Pada hari Jumat 21 September 2018, terpantau sedang ada proyek pengembangan dan pembangunan Stasiun Tambun yang berada di jalur Blue Line.
Menurut informasi yang kami dapat, Stasiun Tambun akan memiliki 5 Jalur KA karena sebelumnya Stasiun KA tambun hanya memiliki 4 jalur KA saja. Dan nantinya pembangunan akan meliputi tempat parkir kendaraan dan peron tinggi beserta atap peron.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *