KRL Mania Perjuangan, Sebuah Nama Sebuah Cerita

Daxa.net

KRL Mania Perjuangan, Sebuah Nama Sebuah Cerita

Ada banyak hal yang menarik saat membicarakan tentang sebuah nama, baik merk, nama komunitas, nama perusahaan dan lain sebagainya, cara paling instant adalah mengambil nama yang sudah dikenal masyarakat, agar nama baru milik kita mudah dikenali orang juga, istilah jaman sekarang adalah “mendompleng nama”, kita ambil contoh, nama Tokopedia yang sepintas mirip dengan nama Wikipedia. Bagi sebagian orang yang suka naik kereta, nama KRL Mania mungkin tidak asing ditelinga, dan kini ada komunitas baru yang muncul dengan nama KRLMania Perjuangan.

Kalau mau menelisik lebih mendasar lagi, KRL merupakan kependekan dari Kereta Rel Listrik, sedangkan kata Mania diambil dari bahasa Yunani, berarti antusiasme, atau kegilaan, jadi dapat disimpulkan, kata KRL Mania berarti, orang-orang yang sangat antusias atau sangat menggilai KRL. saya rasa tidak ada masalah dengan arti dari kata tersebut. Namun pada kenyataannya, KRL Mania merupakan sebuah nama komunitas pengguna KRL di jabodetabek yang “mungkin” merupakan pioneer komunitas KRL di Indonesia.

Saat ini, hadir sebuah komunitas baru dengan nama KRLMania Perjuangan, sebuah nama komunitas yang seolah-olah orang pasti berfikir “Komunitas ini numpang nama dari tenarnya KRLMania supaya ikut terkenal juga”, kenyataannya tidak demikian, KRLMania Perjuangan tidak bermaksud mengambil nama atau dompleng nama KRLmania seperti anggapan banyak pihak, Seperti yang dijelaskan dparagraf kedua tulisan ini, bahwa KRL dan Mania memiliki arti yang jelas, dan Kami mengambil nama atas dasar arti tersebut, hanya Kami tambahkan PERJUANGAN selain agar tidak sama dengan nama komunitas lain KRLmania Perjuangan sendiri memiliki arti orang-orang yang sangat antusias terhadap KRL, sehingga berjuang untuk naik walaupun kondisi kereta padat, berjuang untuk menjadi perantara antara penumpang dengan operator kereta agar perjalanan lancar, berjuang agar menjadi yang terbaik diantara lainnya, serta berjuang untuk segala hal yang baik.

Kita bisa akui, Tokopedia dan Wikipedia lebih dahulu lahir nama Wikipedia, apakah kita berfikir bahwa tokopedia mendompleng nama Wikipedia untuk ikut terkenal seperti Wikipedia? Tokopedia sendiri pastinya punya alasan kuat mengapa namanya Tokopedia.

Gesekan kecil antar komunitas memang sulit dihindari, apalagi komunitasnya masih dalam visi yang sama, namun berfikir dewasa adalah cara terbaik untuk menghindari itu, KRLmania dan KRLmania Perjuangan merupakan komunitas pengguna KRL di Jabodetabek, jika kita mau melihat manfaatnya, mungkin bisa berkolaborasi mengadakan suatu event besar, mengadakan kegiatan yang bermanfaat bersama-sama, karena visi kita sama, hanya beda nama, beda ego.

Sebuah nama, ada sebuah cerita, nama KRLMania Perjuangan juga dimulai dari cerita yang saya tulis ini, saya tidak pernah berfikir cerita apa yang ditulis oleh komunitas lain untuk KRLMania Perjuangan, namun dalam nama dan cerita ini, Kami segenap pengurus KRLMania Perjuangan berharap bahwa cerita mereka adalah yang baik-baik tentang Kami, seperti Kami bercerita yang baik-baik tentang mereka.

Tetap semangat, tetap berlomba menjadi yang terbaik untuk semua komunitas, dan salam perjuangan..

 

 

 

Penulis : Deddy Sofyandi – Jalur Nambo

2 thoughts on “KRL Mania Perjuangan, Sebuah Nama Sebuah Cerita”

  1. #Apalah Arti Sebuah Nama#

    menurut sudut pandang aku… KMP bukan mau mendompleng nama besar KRL Mania.. tapi ke-persaudaraannyaaa,, ke-perjuangannyaaa…

    selain tokopedia yg seperti wikipedia,, ada nama besar partai di indonesia.. ada P*I ajaa trz ada yg P*I Perjuangan,, and See Now yg pake kata perjuangan Lebih justru jd partai yg mendominasi..

    terLepas dr itu semua,, Apalah Arti Nama.. karena Nama adalah sebuah Cerita.. Nama adaLah Doa..

    semoga semua Grup penggiat KRL,,dan semua Lintas Jalur makin sukses…

    -кнєєкнєє- Purple Line (JN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *