Mari Kenali Tata Cara Naik MRT Jakarta

Daxa.net

Ratangga MRT Jakarta di Stasiun Sisingamangaraja | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Jakarta, Cakruk News – Tepat pada hari Sabtu 16 Maret 2019 silam, Perwakilan Tim KMP Cakruk akhirnya bisa menjajal naik MRT Jakarta secara gratis dalam rangka Ujicoba Publik yang dilaksanakan oleh PT MRT Jakarta dari tanggal 12 Maret hingga 23 Maret 2019.

Walaupun dari segi pemberitaan telat, tetapi untuk tema berita ini wajib diketahui bagi Sobat Cakruk News yang selama sekali belum menaiki moda transportasi terbaru di Ibukota maupun pertama yang ada Indonesia.

Ratangga MRT Jakarta di Stasiun Fatmawati | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Sebagai topik awal, saya bersama Tim Koresponden Cakruk News memulai perjalanannya dari Stasiun MRT Bundaran HI. Sebelum masuk ke dalam Stasiun, kami langsung disambut ramah oleh Pihak Security yang menjaga sembari memeriksa kelengkapan kami. Setelah dikatakan lengkap, kami langsung bergegas menuju ruang Ticketing. Sebagai catatan, selama ujicoba berlangsung para penumpang mendapatkan Stiker sebagai penanda kalau kita sedang mengikuti kegiatan ini. Dan apabila sudah beroperasi normal, para penumpang harus melakukan transaksi pembelian tiket terlebih dahulu di Loket maupun Mesin Tiket Otamatis yang telah tersedia di seluruh Stasiun MRT Jakarta.

Stasiun Bundaran HI | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Foto Bersama di Stasiun Dukuh Atas | Sumber : Tim Koresponden Cakruk News – Muammar Rafiqsyah

Stiker MRT Jakarta | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Loket dan Mesin Tiket Otomatis | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Setelah melakukan proses tersebut, akhirnya Tim kami segera bergegas menuju peron. Sebelum menuju Peron Stasiun, Tim kami juga langsung disambut ramah oleh para petugas yang bertugas disana dan ini bisa menjadi cerminan tersendiri kalau Sistem Transportasi di Negara Indonesia sudah mulai maju melalui MRT Jakarta.

Setibanya di peron, Tim kami langsung menunggu Kereta MRT di area peron yang telah disediakan dan pada saat Kereta MRT tiba di Stasiun, kami beserta para penumpang tidak langsung masuk kedalam rangkaian kereta. Ada adab atau Tata Caranya yakni “Dahulukan Penumpang yang Turun” dan penerapan ini sudah mulai bisa dilakukan perlahan – lahan bagi penumpang walaupun belum sepenuhnya dilakukan.

Situasi di Area Peron Stasiun Bundaran HI| Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Setelah Tim Cakruk News masuk kedalam rangkaian Kereta MRT, untuk kondisinya sangat ramai mengingat antusiasme warga yang sangat tinggi. Untuk perjalanan Kereta MRT dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus memakan waktu selama 30 menit.

Kondisi Didalam Rangkaian MRT Jakarta | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Foto Bersama Didalam Rangkaian MRT Jakarta | Sumber : Tim Koresponden Cakruk News – Muammar Rafiqsyah

Setibanya di Stasiun Lebak Bulus, Tim KMP Cakruk beserta penumpang lainnya akhirnya langsung turun dari rangkaian kereta dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Istora dengan menggunakan Eskalator sebagai akses pindah peron.

Para Penumpang MRT Jakarta yang Telah Menggunakan MRT Jakarta di Stasiun Lebak Bulus | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Sebagai tambahan, ada Tata Cara yang wajib diketahui bagi Sobat Cakruk News dalam menggunakan Eskalator yakni sisi kiri bagi penumpang diam dan sisi kanan bagi penumpang yang mendahului. Dari pengamatan kami masih sangat rendah para penumpang untuk melakukan Tata Cara ini.

Ilustrasi Eskalator dan Tangga di Stasiun MRT Jakarta | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Dan setibanya di Peron menuju Bundaran HI, Tim Cakruk News langsung mengambil gambar sebagai bahan dokumentasi sebelum kembali naik Kereta MRT yang bisa dilihat gambarnya dibawah ini.

Ratangga MRT Jakarta di Stasiun Lebak Bulus| Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Kumpulan Ratangga MRT Jakarta di Depo Lebak Bulus | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Setelah melakukan proses dokumentasi, akhirnya kereta menuju Bundaran HI tiba di Stasiun Lebak Bulus dan kami langsung menaiki Kereta MRT. Adapun perjalanannya memakan waktu selama 24 menit. Dan setibanya di Stasiun Istora, kami akhirnya keluar dan langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi lain.

Situasi di Stasiun Istora | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

Sebagai catatan inti, untuk Sistem Management Waktu yang ada di MRT Jakarta sangat kami apresiasi, mengingat tidak ada waktu sedetik pun yang terbuang. Dan Tata Cara tersebut sudah mengikuti seperti di Luar Negeri antara lain Singapura, Jepang, maupun Negara lain yang telah melakukannya.

Bagaimana dari artikel ini.. Menarik bukan? Yuk kita naik MRT Jakarta dan mari kita jaga dan rawat kereta ini sebagai mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *