Rekor Dunia : KCI Selenggarakan Rubik’s Competition On The Train

Rekor Dunia : KCI Selenggarakan Rubik's On The Train
Daxa.net

Selama ini kita terfokus pada pemikiran “KCI hanya ngurusin KRL”, tak pernah terpikir bahwa KCI juga peduli pada masalah sosial seputar kehidupan manusia.
Salah satu contoh, KCI peduli kepada anak-anak yang pada jaman now hanya asik dengan gawai (HP). “Melihat fenomena tersebut, PT. KCI berusaha mengalihkan perhatian anak-anak untuk lebih kreatif. Ada banyak hal yang bisa anak-anak lakukan, salah satunya adalah bermain rubik. Untuk itu PT. KCI menggandeng Komunitas Rubik Indonesia membuat Rubik’s Competition On The Train. Ini ga main-main yaa, pertama di Indonesia bahkan PERTAMA DI DUNIA !”, Pak Akbar sebagai Senior Staff Marketing Komunikasi PT. KCI menjelaskan dengan penuh semangat di stasiun Jakarta Kota.
Wow… Keren sekali, berarti PT. KCI mencetak rekor dunia, harus masuk MURI dan Guiness Books Of Records yaa… 😉

Pihak Komunitas Rubik Indonesia, mengatakan “kalau info lomba rubik official ada grup FB Komunitas Rubik Indonesia, kami sendiri dari komunitas tersebut diminta bantuan untuk buat event rubik”, Yunan Fahmi memberikan jawaban saat tim KMP@Cakruk menanyakan latar belakang penyelenggaraan kompetisi rubik dalam KRL ini.
Yunan juga menjabarkan semua hal tentang perhelatan rubik di dalam KRL ini.

Hal yang didapatkan peserta

1. Sertifikat
2. Rubik commuter line
3. Kaos commuterline (nanti dipakai waktu lombanya)
4. Snack cemilan (diusahakan)

Peserta Rubik On Train diharapkan membawa kartu pelajar

Jadwal Rubik On Train

08.30 – 09.00 Registrasi Ulang
09.00 – 09.30 Briefing Teknis Perlombaan
09.30 – 09.45 Persiapan Lomba
09.45 – 10.10 Masuk Kereta
10.10 – 10.20 Pembukaan Acara dan Sambutan dari pihak KRL
10-20 – 10.30 Round 1
10.30 – 10.40 Mini Games
10.40 – 10.50 Final
10.50 – 11.00 Penyerahan Hadiah dan Sertifikat
11.00 – 11.10 Keluar Kereta
11.00 – selesai Foto bersama

F.A.Q.

kak, rubiknya boleh di lube?
tidak boleh

kak, apakah biaya pendaftaran 60 ribu termasuk tiket krl?
iya, untuk acara jakarta kota ke lenteng agung gratis, setelah acara selesai pulang ke jakarta kotanya juga gratis, kecuali kalau dari lenteng agung mau ke arah lain bayar sendiri

kak, kalau ada orang tua/teman yang mendampingi beli tiket juga?
iya, beli sendiri

kak, apakah orang tua/teman boleh masuk ke gerbong kereta lomba rubik?
tidak boleh, jika mau mendampingi masuk ke gerbong sebelah

Panitia

MC :
1. Tiko
2. Erlian Saputra

Mentor :
1. Hafidz Dary
2. Bali Catur
3. Garuda Firmansyah
4. Willy Arizqi
5. Ahmad Fauzi

Pendaftaran :
1. M. Yunan Fahmi

Korlap & Time keeper :
1. Bahrul Alam

Berlatar belakang siaran pers pak Adli Hakim, Manager Humas KCI tentang latar belakang acara (sama seperti keterangan pak Akbar) rangkaian acara dimulai.
Sesuai dengan run down yang telah dibuat oleh panitia, pendaftaran ulang berlangsung seru di stasiun Jakarta Kota (Beos). Tampak berbagai media masa seperti LiniKini, KompasTV, Net TV, Inews, TV One, MetroTV, detik.com tampak antusias.

Setelah acara pembukaan dengan sambutan dari panita, LiniKini dan KCI yang disampaikan oleh pak Adli Hakim Nasution, Memilih kereta (gerbong) nomor 9 KA 1100 JAKK – BOO diberangkatkan dari jalur 12 pada pukul 10.30.
Selama kompetisi berlangsung, khusus kereta 9 steril tidak digunakan untuk penumpang umum mulai dari stasiun Jakarta Kota hingga Lenteng Agung. Hanya diisi oleh, peserta kompetisi, panitia, KCI dan media.
Para pendamping/orang tua juga tak diperkenankan masuk ke dalam kereta tersebut.

Diatas KA 1100, kompetisi dimulai dengan sambutan pembuka dari ibu Ella Herlina selaku, Manager Angkutan Non Penumpang PT. KCI.
Tak butuh waktu lama, memasuk stasiun Juanda, kompetisi babak pertama langsung dimulai. Memilih 12 peserta yang berhasil menyelesaikan rubik KRl dengan tepat.
Sekedar informasi, rubik model KRL yang digunakan pada kompetisi ini adalah rubik 3×3 yang dijual di C-Corner di stasiun Jakarta Kota, Juanda dan Tanah Abang. Harga per rubik IDR 75,000.

Selama panitian memeriksan dan menentukan keabsahan hasil kompetisi babak pertama, peserta diajak untuk mengikuti Mini Games, yaitu menyanyikan lagu anak-anak dan nasional.
Siapa cepat tunjuk tangan, dia yang menyanyi dan medapatkan souvenier dari pihak sponsor.
Lagu yang dinyanyikan Balonku dan Naik Kerete Api.

Setelah panitia selesai menseleksi 12 rubik yang dianggap benar, maka dipilh 10 peserta dengan waktu tercepat. 10 peserta inilah yang kemudian beradu dalam babak final.

Keseruan Rubik’s Competition On The Train diabadikan oleh beberapa media massa seperti Net TV yang bisa dilihat di Youtube. Saat-saat menegangkan jelas tampak pada tayangan tersebut, bagaimana serunya babak final yang mempertemukan 12 peserta yang berhasil pada babak pertama.

PEMENANG

Setelah melewati babak pertama, 10 peserta yang masuk babak final kembali berkompetisi dan hasilnya adalah :

1. Philip Maxwel mendapatkan IDR 2,000,000,-
2. Rayhan Yeoh mendapatkan IDR 1,500,000,-
3. Winda Wardani mendapatkan IDR 1,000,000,-

Penyerahan hadiah dilakukan di dalam KA 1100 oleh pihak KCI yang diwakili Ibu Ella Herlina, disaksikan media dan pihak sponsor.

PENUTUP

Semua rangkaian acara Rubik’s Competition On The Train selesai sebelum memasuki stasiun Lenteng Agung, sesuai dengan run down panitia. Semua peserta beserta media & official turun, disambut oleh kepala stasiun Lenteng Agung pak Mudiono (jadi teringat “menurut bapak presiden..”), dilanjutkan foto bersama.

“Terima kasih kepada semua peserta, Komunitas Rubik Indonesia, sponsor dan media yang telah mendukung suksesnya acara “Rubik’s Competition On The Train”. Ini adalah acara pertama kali di Indonesia bahkan dunia lomba bermain rubik di dalam kereta yang sedang berjalan.
Walaupun pesertanya ada yang sudah besar (remaja), tapi pemenangnya adalah anak-anak di usia 12 tahun-an, jadi masih sesuai dengan tema memperingati Hari Anak Indonesia, 23 Juli 2018. Sampai jumpa di acara yang akan datang !”,  ibu Ella Herlina menutup rangkaian acara Rubik’s Competition On The Train.

Dokumentasi Foto & Video : Akbar, Hendro Lesmono, NetTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *