Sportifitas & Profesionalisme Yang Dikhianati

Daxa.net

Sportifitas & Profesionalisme Yang Dikhianati

Arti kata sportifitas adalah sikap adil, jujur terhadap lawan, mengakui keunggulan lawan. sedangkan Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional, kedua arti kata diatas disadur dari laman web kbbi.web.id, mengapa saya tertarik membahas kedua kata yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia Commuterline? silakan dibaca ulasan lengkap berdasarkan pengamatan saya sebagai penulis secara real tanpa ada yang dikarang yang akan disajikan dalam tulisan ini.

Beberapa minggu lalu, salah satu post tulisan di web Cakruk dengan judul “Resmi Sebagai Rangkaian Kiriman Terakhir di Tender 2017, Tokyo Metro 6000 Seri 6129F Akhirnya Pergi ke Jakarta”, menjadi perhatian salah satu situs tetangga yang juga membahas tentang dunia perkereta apian, menurut mereka isi tulisannya menjiplak tulisan dalam situs mereka dan mereka keberatan dengan hal tersebut, padahal dalam tulisan itu sebelumnya sudah diberikan keterangan bahwa gambar diambil dari situs mereka. Beradu argumen dalam kolom komentar pun terjadi (komentar sengaja tidak dihapus oleh admin KMP Cakruk agar menjadi bukti).

Permasalahan berlanjut sehingga tercipta grup WA khusus antara pengurus situs Cakruk dengan pengurus situs tetangga yang keberatan dengan artikelnya, secara profesional dalam grup WA tersebut, Kami mengakui bahwa memang benar sumber berita didapat dari situs mereka, sebagai kompensasi mereka meminta tulisan tersebut dihapus dari laman situs Cakruk, dan secara profesional pula Kami menghapus tulisan dalam post yang dipermasalahkan saat itu juga.

Sampai tulisan ini diterbitkan artikel post yang dimasalahkan masih belum ada isinya

Menurut saya ini sudah merupakan tindakan profesional, dan secara sportifitas juga tim Krl Mania Perjuangan – Cakruk mengakui kesalahan dari redaksi tim nya atas postingan berita yang menjiplak tersebut.

Setelah penghapusan tulisan disitus Cakruk, kita semua sepakat masalah selesai dan tidak diperpanjang, namun ternyata fakta yang baru saja terjadi, sportifitas dan profesionalitas tim Cakruk dirusak, dikhianati. secara tegas dan jelas salah satu tim dari situs tetangga memposting kembali masalah ini dalam forum umum dalam sebuah grup Facebook. Dibaca oleh banyak orang, dan ini merupakan salah satu tindakan yang sangat tidak profesional, berusaha membuat malu KMP Cakruk didepan umum dengan membawa masalah yang sebenarnya sudah close.

Postingan dalam forum grup Facebook yang menyudutkan Cakruk

Saya rasa permasalahan ini tidak perlu diperpanjang atau diulas lagi di grup atau forum lain yang bisa diketahui secara umum, cukup internal dari Cakruk dan dari tim redaksi tetangga saja yang mengetahuinya. Karena akan malu sendiri kalau sampai tulisan ini dibaca orang lain. DImana kah letak sportifitas dan profesionalitas kita?

Tulisan saya ini juga bukan mau memperpanjang masalah, hanya sebagai reaksi atas aksi yang sudah terjadi, karena ada aksi pasti menimbulkan reaksi, inilah reaksi dari saya. Sekian

 

 

Deddy Sofyandi – Jalur Nambo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *