Tokyo Metro 6000 Seri 6120F dan 6129F Akhirnya Tiba di Indonesia

Daxa.net

Lokomotif CC 201 78 06 JNG Ketika Sedang Mengangkut Tokyo Metro 6000 Seri 6120F Menuju Dipo Depok | Sumber : Tim Kontributor KMP News – Puji Harto

 

Jakarta, KMP News – Tepat menjelang waktu dinihari tadi secara mengejutkan rangkaian Tokyo Metro 6000 Seri 6120F dan 6129F akhirnya tiba di Indonesia dengan kondisi yang masih bagus dan masih terkesan dengan kehidupan Jepangnya. Adapun rangkaian tersebut diangkut dengan Kapal Cargo yang bernama Billesborg Panama yang memiliki bendera asal dari Swiss yang telah menghantarkan kedua rangkaian tersebut dari Pelabuhan Tokyo hingga Pelabuhan Tanjung Priuk.

 

Kapal Cargo Billesborg Panama yang Berada di Pelabuhan Tanjung Priuk | Sumber : Moa Iskandar (Nahkoda Kapal yang Sedang Berada di Pelabuhan Tanjung Priuk)

 

Dan tepat dengan tibanya kedua rangkaian tersebut di Indonesia, secara khusus akhirnya Tim Redaktur KMP News yang diwakilkan oleh Wawan Kurniawan diberikan kesempatan untuk mendatangi pelabuhan Tanjung Priok sebelum kapal tersebut tiba di daratan untuk melihat proses bongkar muat dari kedua rangkaian tersebut baik di seri 6120F yang diturunkan terlebih dahulu maupun seri 6129F yang diturunkan setelah proses penurunan rangkaian seri 6120F tuntas.

 

Proses Bongkar Muat Tokyo Metro 6000 Seri 6120F | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Wawan Kurniawan

 

Proses Penurunan Tokyo Metro 6000 Seri 6120F ke Rel | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Wawan Kurniawan

 

Tokyo Metro 6000 Seri 6120F Ketika Sedang Dibawa Dengan Truk Trailer | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Wawan Kurniawan

 

Adapun menurut Tim Redaktur KMP News, Wawan Kurniawan ketika sedang dalam peliputan khususnya mengatakan “Tepat sekitar tengah malam tadi, akhirnya rangkaian Tokyo Metro 6120F dan rangkaian Tokyo Metro 6129F tiba di Indonesia secara bersamaan yang diangkut dengan kapal cargo yang bernama Billesborg Panama yang kapalnya tersebut berasal dari negara Swiss, dan setelah kapal tersebut telah bersandar di Pelabuhan, maka secara otomatis juga proses bongkar muat akan langsung dilaksanakan, dan dari pengamatan langsung saya di lapangan, rangkaian yang diturunkan terlebih dahulu yakni dari rangkaian Tokyo Metro 6000 seri 6120F dan setelah proses bongkar muat serta perakitan dari rangkaian seri 6120F tuntas, kemudian bongkar muat langsung dilanjutkan dengan menurunkan rangkaian Tokyo Metro 6000 seri 6129F. Dan setelah proses bongkar muat serta perakitan dari kedua rangkaian tersebut tuntas, nantinya kedua rangkaian tersebut akan dibawa ke Dipo Depok untuk melakukan proses pergantian livery yang sebelumnya berwana hijau yang merupakan livery bawaan dari Jalur Chiyoda Tokyo Metro menjadi livery merah putih kuning alias livery milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI)” Ujarnya.

 

Tokyo Metro 6000 Seri 6129F Ketika Sedang Dibawa Dengan Truk Trailer | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Wawan Kurniawan

 

Sebagai tambahannya, menurut Tim Redaktur KMP News yang bertugas, setelah rangkaian tersebut telah dibawa ke Dipo Depok guna melakukan proses pergantian livery dan pengecekan, nantinya rangkaian tersebut akan melakukan proses ujicoba pertama yang dilakukan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI). Setelah proses ujicoba internal telah dilaksanakan nantinya rangkaian tersebut akan kembali melanjutkan proses ujicoba yang kedua yang dilaksanakan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI guna untuk mendapatkan sertifikasi sebagai rangkaian siap beroperasi. Dan setelah mendapatkan gelar sebagai rangkaian Siap Operasi (SO) nantinya rangkaian tersebut akan siap melayani penumpang KRL Commuter Line.

 

Lokomotif CC 201 78 06 JNG yang Sedang Membawa Tokyo Metro 6000 Seri 6120F Ketika Melewati Stasiun Universitas Pancasila | Sumber : Tim Kontributor KMP News – Puji Harto

 

KRD NR yang Ikut Mengangkut Tokyo Metro 6000 Seri 6120F | Sumber : Tim Kontributor KMP News – Puji Harto

 

Setelah tibanya rangkaian Tokyo Metro 6000 seri 6120F dan rangkaian Tokyo Metro seri 6129F di Indonesia, maka proses pembelian atau tender di tahun 2017 yang dilakukan oleh Tokyo Metro dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) secara resmi telah usai, dan sebagai informasi tambahannya pula nantinya pada tender tahun 2018 mendatang, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dipastikan akan bertender kembali dengan East Japan Railways (JR East) dalam proses pembelian rangkaian JR 205-5000 eks Mussahino Line yang saat ini rangkaiannya akan menjalani masa purna tugas atau pensiun. Adapun rangkaian tersebut pensiun disebabkan dengan banyaknya rangkaian JR E231-500, JR E231-0, dan JR 209-500 yang telah menggantikan perannya.

Dan sebagai pertanyaan dari kami yakni, akankah pada tahun 2018 JR 205-5000 akan datang ke Indonesia? Kemudian JR 205-5000 berapakah yang akan tiba duluan di Bumi Pertiwi Indonesia ini? Kita tunggu saja berita lanjutnya hanya di KMP News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *