TransJakarta Biang Kerok Kemacetan Di Stasiun Palmerah

TransJakarta Biang Kerok Kemacetan Stasiun Palmerah
Daxa.net

Hampir setiap sore hari jalan seputar stasiun Palmerah arah gedung Manggala Wanabakti – Simpurug sangat macet sekali. Kendaraan tak bisa bebas melaju dan boleh dibilang “lambat merayap”, dan terlihat 2 bus TransJakarta parkir di badan jalan sebelah stasiun Palmerah.

Karena ulah bus TransJakarta yang parkir menunggu waktu pemberangkatan tersebut, motor pun tak bisa melaju leluasa.
Padahal jika tak ada TransJakarta yang parkir di area sisi Utara JPO stasiun Palmerah, jalan raya tersebut bisa dibilang “ramai lancar”.

Akibat dari macetnya jalan seputar flyover Manggala Wanabakti (Slipi) hingga stasiun Palmerah, banyak roker Greenline yang tertinggal KRL kesayangan mereka. Melihat raut-raut wajah kecewa yang tertingga kereta menimbulkan rasa iba. Mereka telah berusaha berlari dan menempuh perjalanan dari kantor untuk segera bertemu keluarga namun harus ditunda karena kemacetan yang ada.

Tim KMP@Cakruk sempat mendengar pembicaraan para roker yang kecewa karena tertinggal KRL. “Sialan…. Ketinggalan nihh, tadi udah lari tapi tak dapat, sampe hall keretanya jalan !” dan temannya menimpalinnya “apaan, macet banget tuh disitu, ojekku ga bisa lari. Masih di kolong kereta udah masuk, ya ga kekejar, buswaynya sihh parkir disitu, 2 biji pula !”.

Sempat terpikir, apakah crew Transjakarta tak merasakan, akibat bus berbaris 2-4 di badan jalan Palmerah tersebut mengakibatkan kemacetan yang luar biasa ? Bisa dibayangkan kemacetan mulai dari kolong flyover Manggala Wanabakti (Slipi) hingga stasiun Palmerah. Dua jalur baik yang dari arah Gatot Subroto maupun Pejompongan semua mampet oleh kendaraan.

Tidakkah management TransJakarta mencari cara agar TransJakarta tidak menimbulkan kemacetan parang yang hampir setiap sore terjadi ?
Jika boleh memberikan masukan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

  1. Pengaturan kembali jadwal perjalanan TransJakarta sehingga tidak perlu menunggu waktu pemberangkatan dengan parkir di badan jalan seputar stasiun Palmerah
  2. Pengaturan sistem parkir TransJakarta di sisi Selatan (arah Simprug-Kebayoran) JPO stasiun Palmerah
  3. Bekerjasama dengan stasiun Palmerah sehingga TransJakarta bisa parkir di dalam area stasiun
  4. Bekerjasama dengan gedung Manggala Wanabakti sehingga TransJakarta bisa parkir di area gedung
  5. Bekerjasama dengan gedung MPR/DPR sehingga TransJakarta bisa parkir di area gedung dan memanfaatkan lahan-lahan kosong yang saat ini tidak dipergunakan dan masih luas

Semoga pihak managemen TransJakarta bisa membantu menguraikan kemacetan yang ada di seputar stasiun Palmerah apapun opsi yang diipilh. Sehingga masyarakat umum bisa lancar berlalulintas. Dan khususnya para Roker tidak ketinggalan kereta KRL Commuter Line bagi yang sedang buru-buru mengejar waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *