William Murdoch “Sang Pencipta Utama Kereta Api di Dunia”

Penemu Utama Kereta Api Dunia, William Murdoch (Foto : Wikipedia)
Daxa.net

Penemu Utama Kereta Api Dunia, William Murdoch (Sumber : Wikipedia)

 

KMP News – Tahukah anda dengan moda tranportasi yang berjalan di atas rel? Ya pastinya kita akan menjawabnya yaitu Kereta Api. Kereta Api merupakan salah satu alat transportasi publik massal yang banyak digunakan di sejumlah negara sejak beberapa abad yang lalu hingga saat ini. Alat transportasi yang berjalan diatas rel ini diklaim sebagai alat transportasi yang paling aman dan paling minim akan terjadinya insiden kecelakaan, selain itu juga, kereta api juga dikenal sebagai transportasi yang memiliki tarif yang murah, dan tidak terkena macet di jalan.

Disetiap negara pasti mempunyai jaringan transportasi kereta api, yang dimulai dari sistem peralatan yang sederhana seperti di Indonesia hingga yang memiliki sistem peralatan yang canggih dan super cepat seperti di Jepang, Tiongkok, Kawasan Eropa hingga Amerika. Dan Kereta api juga cocok digunakan oleh beberapa negara yang memiliki luas geografis yang sangat besar seperti di negara India, Tiongkok, Rusia, dan tentu juga Indonesia.

Dan tahukah Anda, siapa saja penemu Kereta Api di dunia dan bagaimana sejarahnya? Tim KMP News akan membahasnya untuk Anda yang dimulai dari seorang tokoh pencipta utama kereta api di dunia, yaitu William Murdoch.

William Murdoch merupakan seorang insinyur yang sekaligus menjadi seorang penemu jangka panjang untuk sejarah perkeretapiaan di dunia. Lahir di Skotlandia pada tanggal 21 Agustus 1754 yang memiliki nama lengkap yaitu William McMaster Murdoch.

Seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris menemukan Kereta Api pada tahun 1784. Murdoch merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ia belajar di Old Cumnock Kirk hingga usianya berusia sepuluh tahun. Murdoch memiliki keunggulan dalam mata pelajaran matematika. Dan Murdoch juga mempelajari prinsip-prinsip mekanika, eksperimen praktis dan bekerja di bagian logam dan kayu sebagai asisten ayahnya. Bersama dengan ayahnya, dia membuat sebuah “Kereta kuda”. Kereta buatannya tersebut merupakan sebuah kereta yang memiliki roda tiga yang didorong oleh engkol tangan.

Murdoch bertanggung jawab untuk pembangunan salah satu jembatan di atas Sungai Nith, ini mungkin berasal dari ayahnya yang bekerja dalam membangun jembatan Craikston pada tahun 1774. Dia juga dikatakan telah melakukan eksperimen dalam gas batubara, menggunakan batubara dipanaskan dalam ketel tembaga di sebuah gua kecil dekat pabrik ayahnya.

Pada awalnya kereta api tersebut dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan. Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi yang dinamai trem.

 

Konsep Kereta Api Murdoch (Sumber : Birminghamstories.co.uk)

 

Jalur rel pertama kali yang diciptakan oleh Murdock diresmikan di Inggris, yang diadakannya dengan kegiatan pengangkutan batu bara. Pada mulanya semua hasil pertambangan batu bara di angkut menggunakan kereta yang ditarik oleh kuda. Kemudian Kereta Uap ciptaan Murdoch yang awalnya berbentuk kendaraan roda tiga yang menggunakan mesin dan boiler yang diletakkan diantara dua roda yang lebih besar, dan bagian depan terdapat roda yang lebih kecil. Mekanisme lokomotif tersebut memasukkan beberapa inovasi seperti katup pengaman serta menggunakan sistem katup abru pada katup D-slide.

William Murdoch meninggal pada tanggal 15 November 1839 di usianya yang menginjak 85 tahun. Ia dimakamkan di kota Birmingham, Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *