GPS Announcer Baru Pada Rangkaian KRL Commuter Line

GPS Announcer Baru Pada Rangkaian KRL Commuter Line
Daxa.net

Saat ini dibeberapa rangkaian KRL Commuter Line sudah terdengar suara GPS Announcer baru. Menggantikan suara perempuan yang pada awal mula GPS Announcer diterapkan di rangkaian KRL lintas Jabodetabek yang terkensan hambar dan cempreng tidak enak didengarkan.
Isi materi, lagu (lafal) dan pengucapannya GPS Announcer baru jauh lebih bagus, singkat, jelas dan tidak terlalu cempreng.

Tidak hanya di lintas Greenline, GPS Announcer baru mulai dipasang di semua lintas. Memang sengaja belum semua rangkaian terpasang, hal ini sekaligus sebagai test drive jika ada penumpang dan atau crew KRL CL yang menemukan kejanggalan bisa segera melaporkan ke bagian IT PT. KCI atau bisa dengan memberikan komentar di bawah artikel ini. Keluhan juga bisa disampaikan melalui email kmp@cakruk.com
Rekan Xamin Somarsoit roker Brown dan Yellowline berhasil menemukan kejanggalan pada GPS Announser baru ini “Aku baru inget, nonser otomatis yang baru, disebutkan – Stasiun kramat dah muat SF10, salah sebut stasiun Kramat. Nonser otomatis yang baru nyebut stasiun Kramat cuma muat 4 kereta dari depan !”.

Tim KMP@Cakruk menyampaikan kejanggalan yang ditemukan oleh rekan Xamin tersebut ke bagian Prasarana PT. KCI.
Pak Agung, selaku VP Prasarana PT. KCI menjelaskan “Siap mbak saya update ke bagian IT dan om Mega (pak Mega – VP Pelayanan PT. KCI)..😁 Mohon maaf & terima kasih masukannya. 🙏🏻”.

Setelah mendapat tanggapan dari Pak Agung, tim KMP@Cakruk sekaligus minta penjelasan tetang GPS Announser baru tersebut. Mengenai cara dan proses pemasangannya.

KMP@Cakruk mempertanyakan bagaimana cara pemasangan GPS Announcer itu apakah pakai CD/GPS ? Pak Agung, VP Prasarana PT. KCI menjawab “Pakai GPS mbak, suara rekaman disimpan di SD card”.

Tahap-tahap pemasangannya GPS Announcer

– Rekam suara yang akan direvisi (suaranya dari humas KCI)
– Copy ke SD card
– Disebar ke tiap PUK dan depo
– IT KCI akan melakukan pemasangan pada masing-masing rangkaian di kabin
– Pemaasangan GPS cepat hanya butuh 2 hari untuk 1 rangkaian rangkaian KRL
– SD Card lama diambil dan ditukar dengan SD Card baru yang berisi rekaman suara yang sudah direvisi tersebut

Ketika ditanya “Biasanya kalau ngganti GPS announcer kendalanya apa pak Agung 🤔 ?”. Pak Agung mengatakan “Beberapa hasil copyan nya tidak bagus jadi suaranya putus atau tdk lengkap”.

Tentang GPS Announcer


Untuk memberikan sedikit gambaran tentang GPS Announcer, Tim KMP@Cakruk mencoba untuk menampilkan wujud GPS Announcer. Bus Line Announcer System TD-D-09 produk dari Tonda mempunyai spesifikasi sebagai berikut :

  • Pelanggan dapat mengedit / mengunduh / menyalin informasi audio sendiri (perangkat lunak untuk mengedit disediakan secara gratis.).
  • Sistem penyiar jalur bus dilengkapi dengan port untuk kartu SD dan kartu MMC, yang bisa memberikan informasi rute, dapat diperbarui dengan mudah.
  • 100 buah informasi jalur bus dapat disimpan di setiap sistem dengan memori 12 M (maks) untuk setiap baris. Untuk setiap jalur, 128 halte untuk naik kereta dan 128 untuk kereta bawah tanah dapat disimpan.
  • Menyiarkan informasi jalur bus dan ungkapan lain yang ditunjukkan pada layar LED. Bahasa dari berbagai negara dapat digunakan untuk penyiaran.
  • Sistem ini dilengkapi dengan mic tangan yang dapat menyiarkan dan memutar musik secara instan, termasuk file mp3.
  • Sistem penyiar jalur bus juga dirancang sebagai pengendali papan tujuan dinamis. Informasi halte bus ditampilkan di papan LED bersamaan dengan peralihan dari halte bus.
  • Stabil, andal dan anti gangguan.
  • Sistem yang dilengkapi dengan GPS dapat mengumumkan informasi dari halte bus secara otomatis ketika tiba di halte

Harga setiap unit GPS Announcer untuk ukuran kantong operator KRL tidaklah mahal, bisa kita cek dari situs Alibaba.

Terima kasih KCI, sudah memperbaharui sarana yang sangat kami butuhkan untuk KRL CL yang lebih MANTJARLI dan Manusiawi.

Dokumentasi Foto : Muh. Ikbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *