JR 205-5000 “Sang Kereta Yang Akan Datang ke Indonesia di Tahun 2018”

Daxa.net

JR 205-5000 Semasa Berdinas di Jalur Musashino, Jepang | Sumber : Wikipedia.org

 

KMP News – Tepat pada Bulan Desember 2017 kali ini, ada sebuah pemandangan yang sangat berbeda sekali bagi Indonesia. Ya pasalnya kabar JR 205-5000 yang digadang – gadang akan migrasi ke Indonesia dari Jepang ternyata dipastikan akan menjadi sebuah kenyataan bagi para pencinta kereta (railfans), penumpang, hingga masyarakat yang ingin berpindah ke moda transportasi Kereta Api.

Berawal dari mencuatnya kabar bahwa rangkaian JR 205-5000 akan menjalani masa purna tugas atau yang biasa disebut pensiun di Jalur Musashino Jepang. JR East selaku penyedia Kereta Listrik di Jepang secara mengejutkan akhirnya memberikan sebuah statsment atau pernyataan yang sangat luar biasa untuk kemajuan KRL di Indonesia. Dan adapun perihal ini terbukti dari Penandatanganan Kerjasama pertemuan awal sebelum penandatanganan lebih dalam (MOU) antara JR East dan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang dilaksanakan secara perdana pada tanggal 24 September 2017 lalu yang dimana JR East akan mengirim rangkaian KRL bukan barunya, adapun rangkaian yang dikirim ke Indonesia yakni JR 205-5000 yang berasal dari Jalur Musashino yang dikirim sebanyak 36 set dengan catatan kalau JR East akan menjual seluruh rangkaian seri JR 205-5000 di Jalur Musashino Jepang. Adapun rangkaian tersebut memiliki formasi sebanyak 8 kereta per satu setnya, namun sebagai tambahanya setelah rangkaian telah tiba di Indonesia, rangkaian akan disusun ulang menjadi formasi 12 dan 10 kereta yang langsung dirakit di Dipo Depok ataupun di Dipo Bukit Duri.

 

JR 205-5000 Batch 2 Semasa Berdinas di Jalur Musashino, Jepang | Sumber : NHK World Japan

 

Adapun menurut Vice President Bidang Pelayanan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) Bapak Mega Rusiandi dalam sesi wawancaranya bersama dengan Ketua Pembina KRL Mania Perjuangan Christiana Erna AW semasa di Stasiun Rangkas Bitung, Banten pada tanggal 1 Juli 2017 silam. Dan adapun hasil wawancaranya yakni “Nanti pada kisaran akhir tahun 2017 hingga tahun 2018 ini, KCI akan membeli rangkaian dari Jepang, yang jelas untuk tahun berikutnya kami beli dari JR East, nah di JR East itu rangkaian yang mau memasuki masa purna tugas itu di JR 205-5000, nah peluangnya kami akan borong semuanya, mengapa harus dibeli semua? Karena KCI saat ini lagi butuh rangkaian KRL yang banyak, supaya bisa nambah perjalanan dan tentunya menambah daya angkut penumpang” Ujarnya.

 

Sesi Wawancara Bersama Bapak Mega Rusiandi di Stasiun Rangkas Bitung, Banten | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Christiana Erna AW

 

Selain itu informasi serupa juga kami dapatkan dari Para Pencinta Kereta (Railfans) yang merupakan Railfans dari Jepang, yang ketika saat itu sedang berkunjung ke Balai Yasa Manggarai bersama rombongan KRL Mania Perjuangan, adapun dalam wawancara bersama dengan Ketua Pembina KRL Mania Perjuangan, Christiana Erna AW serta Ketua Redaktur KMP News, Hendro Lesmana dalam sesi tersebut yang mengatakan “Iya… Benar… Indonesia (Melalui PT. Kereta Commuter Indonesia) telah melakukan MOU dengan JR East dan kami bertiga melihat secara langsung proses penandatanganan tersebut yang dilakukan oleh kedua pihak” Ujarnya.

 

Sesi Wawancara Bersama Railfans Jepang di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Kemudian ia menambahkan “Sebenarnya juga JR 205-5000 saat ini seharusnya sudah pensiun dinas dan dirucat di Jepang, namun kalau dilihat dari segi performanya, kereta itu masih bagus dan apalagi juga rangkaiannya baru menjalani masa refurbisment pada tahun 2007 paling lama. Namun saya yakin, Indonesia bisa merawat kereta kami, jadi gaada salahnya juga JR East menjual rangkaian ke Indonesia dan saya juga menambahkan JR East (Jepang) sepertinya tidak menjual semua rangkaian JR 205-5000, kenapa bisa? Karena ada beberapa setnya sudah tidak layak dipakai, namun JR East juga telah menawarkan rangkaian JR 209-500 Jalur Keiyo sebanyak 5-6 set untuk menggantikan rangkaian itu, tapi hingga saat ini belum direspon, tapi saya yakin JR 209-500 dipastikan akan kesini (Indonesia) karena JR E233-5000 Jalur Keiyo telah menggantikan perannya serta JR 209-500 yang generasi baru dan sebagian generasi lamanya telah di mutasi ke Jalur Musashino” Ujarnya.

 

JR 209-500 Batch 1 Semasa Berdinas di Jalur Keiyo, Jepang | Sumber : Wikipedia.org

 

Dan sebagai tambahannya JR 205-5000 merupakan sebuah KRL yang memiliki kemiripan yang serupa seperti JR 205 pada umumnya yang telah berdinas di Indonesia, adapun perbedaannya yakni JR 205-5000 menggunakan sistem traksi VVVF-IGBT 3 frasa. Adapun rangkaian tersebut melakukan masa B – Refurbisment atau perawatan skala besar yang dimulai pada tahun 2002 hingga tahun 2007 yang dimana pengerjaan set keretanya dilakukan secara bertahap, dan adapun pada masa Refurbisment ini, rangkaian tersebut mengganti sebuah komponennya hanya di pergantian motor listrik KRL dari bersistem Rheos yang diganti menjadi sistem VVVF – IGBT.

Dan dari wawacara yang dilakukan oleh kedua pihak, baik Management PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) maupun Pecinta Kereta (Railfans) dari Jepang telah menjawab sebuah pertanyaan yang pada dulunya menjadi sebuah keraguan bagi kami selaku Tim Redaksi KMP News, yang dimana pada dasarnya PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dipastikan akan mendatangkan rangkaian JR 205-5000 dari Jalur Musashino Jepang yang dimulai pengirimannya paling cepat pada akhir tahun 2017, serta sebagai rumornya PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga akan mendatangkan JR 209-500, namun sebagai tambahannya untuk kabar JR 209-500 belum mendapatkan kabar yang detail, namun kami selaku Tim Redaksi hanya bisa berharap kalau JR 209-500 juga bisa dipastikan datang ke Indonesia pada tahun 2018 yang walaupun juga baru didatangkan hanya beberapa set saja, namun karena itu juga menjadi sebuah angin segar bagi kemajuan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk meningkatkan kinerjanya bagi kenyamanan penumpangnya.

2 thoughts on “JR 205-5000 “Sang Kereta Yang Akan Datang ke Indonesia di Tahun 2018””

  1. こんばんわ,

    I’m a Japanese tetsu ota currently staying in Indonesia for a while. This news is a big hit in Japan, but it makes much concerns about the transfer rumour of 209-kei 500-bandai. As far as I know, JR East’s plan is:
    * To replace E231-kei 500-bandai with E235-kei in Yamanote Line
    * To replace E231-kei 0-bandai with E231-kei 500-bandai in Chuo Line
    * To replace 205-kei 5000-bandai with E231-kei 0-bandai in Musashino Line (this is what make sense about Musashino 205-kei transfer to Indonesia)
    * To replace feeder trains in Hachiko Line and Kawagoe Line with probably E231-kei or 209-kei 500-bandai

    So far, this is the official release from JR East which released last year. I don’t know about any changes during time, but please guarantee me that any info you wrote here is a truth.

    ありがとう.

    1. Sugeng Sonten (Javanese Lang), its mean Good afternoon Toyoda 🙂

      Many thanks for visiting our website.
      For this News, we collect from some interview with many people.
      For the truth, we waiting for next year 🙂
      We just want regeneration old set of electric trains which operation at Indonesia.

      Matur Nuwun (Javanese Lang) that means Thank You 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *