Melihat Kesuksesan dari Kegiatan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” Bagian 2

Daxa.net

Kegiatan Sesi Foto Bersama Para Management Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Jakarta, KMP News – Tepat pada hari Sabtu 30 September 2017 yang lalu, ada sebuah pemandangan yang sangat berbeda sekali  dari kegiatan kunjungan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” untuk kloter 2 kali ini, adapun hal yang berbeda dari kunjungan tersebut yakni adanya sebuah gangguan operasional kereta di sekitar Stasiun Manggarai akibat efek dari Upgraded Persinyalan yang terjadi tepat pada hari sabtu kemarin yang gangguan tersebut mulai terjadi sejak pada pukul 04:00 WIB hingga sampai pukul 18:30 WIB.

Walaupun ada sebuah gangguan yang terjadi, namun Panitia dan Peserta rombongan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” untuk kloter 2 tetap berkomitmen untuk melaksanakan serta menyukseskan kegiatan kunjungan tersebut dikala operasional perjalanan KRL maupun Kereta Api sedang mengalami gangguan yang terbilang sangat parah.

Adapun serangkaian kegiatan kunjungan tersebut dimulai pada pukul 09:00 WIB atau molor satu jam yang semestinya dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB. Adapun pelaksanaan pertama kali yang dilakukan yaitu dengan melakukan absensi peserta sekaligus melakukan kegiatan doa bersama yang dipimpin oleh Pengurus KRL Mania Perjuangan Perwakilan Jalur Brownline, Xamin Simarsoit yang menggantikan peran dari Ketua Redaktur KMP News, Hendro Lesmana yang pada saat itu berhalangan hadir karena masih diperjalanan akibat gangguan operasional kereta yang terjadi.

Kemudian setelah melakukan kegiatan absensi serta doa bersama, akhirnya tepat pada pukul 09:30 WIB rombongan bergegas menuju ketempat destinasinya yakni Balai Yasa Manggarai yang perjalanannya menuju ke lokasi tersebut dengan menggunakan Metro Mini, adapun perjalanan tersebut dipimpin oleh Pengurus KRL Mania Perjuangan Perwakilan Jalur Brownline, Xamin Simarsoit.

Kemudian tepat pada pukul 09:45 WIB akhirnya rombongan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” tiba di lokasi tujuannya yakni Balai Yasa Manggarai setelah menempuh jarak sekitar 1,9 KM dengan waktu tempuh selama 15 menit diperjalanannya.

 

Seperti yang dibahas di Artikel Melihat Kesuksesan dari Kegiatan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” Bagian 1 sebelum rombongan memasuki Area Balai Yasa Manggarai, rombongan harus menggunakan jaket dan helm khusus untuk bisa masuk kedalam area Balai Yasa Manggarai, adapun fungsi dari kedua benda tersebut sebagai alat keselamatan bagi para pengunjung serta merangkap sebagai tanda pengenal jika para rombongan tersebut merupakan tamu dari kunjungan tersebut.

Kemudian setelah menggunakan jaket dan helm khusus, akhirnya peserta diperbolehkan untuk masuk ke Area Balai Yasa Manggarai untuk memulai kegiatan kunjungan tersebut dan sebelum memulai kegiatan kunjungan, peserta diarahkan untuk melakukan sesi foto bersama dengan Para Management Balai Yasa Manggarai.

Setelah melakukan sesi foto bersama dengan Para Management Balai Yasa Manggarai, akhirnya peserta langsung diarahkan ke Peta Denah Balai Yasa Manggarai yang ditempat tersebut sudah ditunggu oleh Manager Unit Control Balai Yasa Manggarai, Bapak H. Rusdianto untuk mendampingi para rombongan dalam kunjungan tersebut sekaligus memberikan himbauan serta informasi selama di dalam Area Balai Yasa Manggarai.

 

Para Peserta “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” Ketika Didalam Balai Yasa Manggarai | Sumber : Xamin Simarsoit

Setelah rombongan dibekali serangkaian informasi yang telah diberikan oleh Bapak H. Rusdianto, akhirnya kegiatan kunjungan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” untuk kloter 2 secara resmi dibuka. Dan dari kunjungan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” kloter 1 maupun kloter 2 dan adapun sedikit perubahan peta kunjungan bagi kloter 2 ini sebagai berikut :

 

  • Tidak mengunjungi ruang suku cadang Kereta dan langsung menuju ke ruang bubut roda kereta

  • Diruang bubut roda kereta, rombongan boleh masuk ke ruangan tersebut, namun hanya sebentar selama didalam ruangan tersebut, dan setelah melihat prosesnya rombongan langsung dipersilahkan untuk keluar untuk menuju ke ruang berikutnya yaitu ruang perawatan kereta

  • Diruang perawatan kereta, rombongan dilarang untuk memasuki lebih jauh dari ruang tersebut dan hanya bisa melihat secara sekilas

  • Setelah mengunjungi ruang perawatan kereta, rombongan diarahkan ke ruang perawatan KRL, namun untuk memasuki ke ruangan tersebut rombongan dilarang untuk terlalu lama diruangan tersebut

  • Setelah berkunjung ke ruang perawatan KRL, rombongan langsung diarahkan ke ruang stabbling kereta di Area Balai Yasa Manggarai dan rombongn dipersilahkan untuk berfoto

  • Setelah mengunjungi ruang stabbling kereta, rombongan langsung diarahkan ke kereta Djoko Kendil dan tidak diarahkan ke ruang parkir Kereta, Lokomotif, Maupun Gerbong Datar yang telah pensiun ataupun yang masih berdinas.

 

Sebagai informasi tambahannya, adapun pengurangan rute kunjungan tersebut diakibatkan karena efek banyaknya rangkaian kereta maupun KRL yang pada saat itu sedang melakukan perbaikan maupun perawatan sehingga secara terpaksa rute tersebut dipotong karena untuk keselamatan para rombongan serta tidak mengganggu kinerja para Teknisi yang sedang bertugas.

 

Para Peserta “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” Kloter 2 Ketika Menuju ke Ruang Perawatan Kereta | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

Setelah mengujungi semua ruangan di area Balai Yasa Manggarai, akhirnya secara resmi pula kegiatan kunjungan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” kloter 2 resmi ditutup dengan melakukan absensi terakhir serta doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Redaktur KMP News, Hendro Lesmana.

Dan sebagai penutupnya, untuk kegiatan kunjungan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” baik kloter 1 maupun kloter 2 akhirnya berjalan dengan lancar, sukses, serta meriah, dan harapan kami setelah melakukan kegiatan kunjungan tersebut yakni semoga para anggota bisa mengenal lebih akrab dengan dengan anggota lain, baik satu komunitas yang notabanenya yaitu KRL Mania Perjuangan ataupun komunitas lain dari KRL Mania Perjuangan, serta kami yakin semoga acara berikutnya bisa berjalan lebih baik lagi daripada acara yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *