Melihat Kesuksesan dari Kegiatan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” Bagian 1

Daxa.net

Rombongan “KMP Bertandang Ke Balai Yasa Manggarai” Kloter 1 Saat Melakukan Sesi Foto Bersama Didepan KRL Bandara Soekarno Hatta | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit 

 

Jakarta, KMP News – Tepat pada hari Sabtu 23 September 2017 yang lalu, rombongan peserta “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” untuk kloter 1 akhirnya melaksanakan kegiatannya tepat pada Pukul 08:00 WIB yang acaranya tersebut dimulai dari berkumpulnya para peserta maupun panitia terlebih dahulu di Stasiun Manggarai sembari melakukan absensi kehadirannya sekaligus melakukan doa bersama terlebih dahulu.

 

Situasi Pada Saat Kegiatan Absensi dan Doa Bersama yang Dipimpin oleh Ketua Redaktur KMP News, Hendro Lesmana | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Setelah melakukan kegiatan absensi dan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Redaktur KMP News, Hendro Lesmana. Akhirnya tepat pada pukul 08:15 WIB akhirnya rombongan bertolak menuju ke Balai Yasa Manggarai dengan menggunakan Metro Mini yang perjalanannya dipimpin oleh Pengurus KRL Mania Perjuangan Perwakilan Jalur Brownline, Xamin Simarsoit.

Setelah menempuh jarak tempuh kurang lebih sebesar 1,9 KM dengan membutuhkan waktu selama 15 menit, akhirnya rombongan tiba di destinasi tujuan yakni Balai Yasa Manggarai tepat pada pukul 08:30 WIB. Dan sebagai tambahannya pula sebelum kami memasuki area Balai Yasa Manggarai, Tim Rombongan harus menggunakan jaket dan helm khusus untuk bisa masuk kedalam area Balai Yasa Manggarai, adapun fungsi dari kedua benda tersebut berguna sebagai alat keselamatan bagi para pengunjung serta merangkap sebagai tanda pengenal jika para rombongan tersebut merupakan tamu dari kunjungan tersebut.

 

Halaman Depan Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Kondisi Kepadatan Rombongan “KMP Bertandang Ke Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Setelah menggunakan kedua benda tersebut, akhirnya rombongan bergegas masuk  kedalam area Balai Yasa Manggarai guna untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dan sebelum memulai kegiatan ini, Tim Rombongan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” melakukan sesi foto bersama Para Pihak Management di depan Kantor Balai Yasa Manggarai. Dan setelah melakukan sesi foto bersama, akhirnya rombongan diperbolehkan untuk berfoto terlebih dahulu sembari kegiatan tersebut dimulai secara resmi.

 

Kegiatan Sesi Foto Bersama Para Management Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Dan tepat pada pukul 09:00 WIB akhirnya kegiatan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” resmi dimulai yang dipimpin oleh Bapak H. Rusdianto selaku Manager Unit Control Balai Yasa Manggarai yang turut menjadi pemandu dalam kegiatan kunjungan ini.

 

Para Pemandu “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” yang Dipimpin Langsung Oleh Bapak H. Rusdianto | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

Sebelum melakukan kegiatan ini, Bapak H. Rusdianto memberikan informasi maupun peringatan yang boleh atau tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan kunjungan tersebut dilakukan yang diantaranya himbauan untuk tidak asyik foto sendiri sehingga terpisah dari rombongan, rombongan selalu patuh dan taat kepada aturan selama di Balai Yasa Manggarai, maupun rombongan selalu hati – hati dalam melakukan kunjungan tersebut.

 

Para Peserta Rombongan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” Ketika Sedang Diberikan Himbauan | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Setelah memberikan informasi maupun peringatan, Bapak H. Rusdianto kemudian memberikan info peta yang sudah tersedia di Area Balai Yasa Manggarai, setelah memberikan informasi peta di Area Balai Yasa Manggarai, akhirnya pelaksanaan kunjungan mulai dilaksanakan secara resmi pada pukul 09:15 WIB.

 

Peta Denah Lokasi UPT Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Tempat pertama rombongan “KMP Bertandang ke Balai Yasa Manggarai” yang pertama kali dikunjungi yakni ruang pengadaan suku cadang kereta yang dimana banyak sekali tumpukan roda, pegas kereta, maupun spare part yang ditumpuk ditempat ini. Adapun menurut Bapak Rusdianto yang Tim KMP News kutip dalam penyampaian informasinya yaitu “Ini tempat pertama yang kita kunjungi dan ini merupakan tempat pengadaan suku cadang kereta, dan disini kita bisa lihat juga banyaknya tumpukan roda kereta, pegas kereta, maupun sparepartnya” Ujarnya.

 

Bapak H. Rusdianto Ketika Sedang Memberikan Penjelasan Mengenai Roda Kereta | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Kemudian disela Bapak H. Rusdianto memberikan informasinya, ternyata ada satu peserta yang menanyakan berat roda kereta dan Bapak Rusdianto langsung menjawabnya dengan santai  dari pertanyaan tersebut yang kemudian beliau menjawabnya kalau berat roda kereta itu rata – rata seberat 878 KG, dan mendengar sebuah jawaban dari Bapak Rusdianto secara kasap mata seluruh peserta langsung kaget dengan jawaban yang diberikan oleh Bapak Rusdianto.

Kemudian setelah mengunjungi ruang suku cadang, kemudian tempat kedua yang dikunjungi yakni ruang bubut roda kereta, dan disini juga kami melihat proses pengerjaan bubut roda yang ketika itu sedang berlangsung, dan Tim KMP News melalui Christiana Erna AW menanyakan proses tersebut secara langsung melalui interaksinya dengan Pegawai Balai Yasa Manggarai yang saat itu tengah bertugas ditempat tersebut.

 

Kondisi Ruang Pembubutan Roda di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Dan setelah mengunjungi tempat tersebut, kemudian tempat yang ketiga yang harus dikunjungi oleh rombongan yakni ruang perawan kereta, dan disana juga rombongan melihat berbagai jenis kelas kereta api baik kelas Eksekutif, Bisnis, maupun Ekonomi yang saat itu sedang melakukan perwatannya. Tidak hanya Kereta Api saja yang melakukan perawatanya, melainkan juga kami melihat berbagai jenis Gerbong Datar yang pada saat itu juga sedang melakukan perawatannya.

 

Kondisi Ruang Perawatan Rangkaian Kereta Api di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Setelah puas mengunjungi tempat tersebut, kemudian tempat yang keempat yang harus dikunjungi oleh para rombongan yakni ruang perawatan dan perbaikan KRL yang dikelola langsung oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan disitulah juga para rombongan bisa melihat secara langsung proses perbaikan dan proses perawatan KRL yang saat itu sedang berlangsung.

 

Kondisi Ruang Perawatan Kereta dan Tampak Tersedia 2 Potongan Rangkaian KRL JR 205-69F yang Sedang Melakukan Perawatan | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Kemudian setelah mengunjungi ruangan tersebut, selanjutnya rombongan akhirnya diarahkan menuju tempat yang kelima yaitu ruang stabbling kereta di Area Balai Yasa Manggarai, dan disitulah juga rombongan bisa melihat dan bisa berfoto ria bersama KRL Bandara Soekarno Hatta, Kereta Listrik Bonbon, KRL yang sedang stabbling Maupun Lokomotif zaman dahulu yang hingga saat itu masih beroperasi.

 

Rangkaian KRL Basoetta dan JR 205-143 yang Sedang Stabbling di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Lokomotif Listrik “Bon – Bon” Ketika Sedang Stabbling di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Kegiatan Sesi Foto Bersama Didepan Lokomotif Listrik “Bon – Bon” | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

Puas setelah berkeliling di sepanjang Area Balai Yasa Manggarai, kemudian rombongan kembali diarahkan menuju tempat yang keenam yakni tempat parkirnya Kereta, Lokomotif, Maupun Gerbong Datar yang telah pensiun ataupun yang masih didinaskan untuk penarikan kereta yang akan keluar dan masuk ke Area Balai Yasa Manggarai, dan disana juga rombongan bisa melihat secara langsung macam – macam aneka kereta yang sudah tidak beroperasi di tempat tersebut.

 

Lokomotif BB 301 21 Ketika Sedang Diparkir di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Kegiatan Sesi Foto Bersama Didepan Lokomotif BB 301 21 | Sumber : Tim Kontributor KMP News – Muhammad Ikbal

Setelah mengunjungi keenam tempat yang diarahkan, kemudian sebagai penutupnya rombongan diarahkan menuju ke rangkaian Kereta Api Djoko Kendil yang pada saat itu sedang disimpan di Area Balai Yasa Manggarai. Dan khusus kunjungan tersebut rombongan akhirnya diperbolehkan masuk ke rangkaian Kereta Api Djoko Kendil dan rombongan juga bisa melihat isi atau interior di Kereta Djoko Kendil sembari melakukan kegiatan berfotonya.

 

Exterior Kereta Djoko Kendil yang Sedang Diparkir di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Tidak hanya di rangkaian Kereta Djoko Kendil saja yang disinggahinya, kemudian rombongan berlanjut menuju ke rangkaian Kereta Inspeksi Pengukur Jalan yang pada saat ini rangkaiannya sudah tidak beroperasi dan disimpan di depan Area Balai Yasa Manggarai. Dan lagi untuk yang kedua kalinya akhirnya juga rombongan bisa melihat isi atau interior dari Kereta Pengukur Jalan sembari bisa melakukan kegiatan foto – foto bagi para penggiat selfie maupun penggemar kereta atau railfans.

 

Exterior Kereta Pengukur Inspeksi Jalan yang Dipajang di Balai Yasa Manggarai | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Interior Kereta Djoko Kendil | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Hendro Lesmana

 

Sesi Foto Bersama Didalam Kereta Inspeksi Pengukur Jalan | Sumber : Tim Redaktur KMP News – Xamin Simarsoit

 

Dan dari serangkaian kunjungan tersebut yang telah dilaksanakan maka secara resmi pula kegiatan kunjungan “KMP BERTANDANG KE BALAI YASA MANGGARAI” untuk Kloter 1 resmi ditutup dengan melakukan absensi terakhir serta doa bersama yang dilakukan oleh Ketua Redaktur KMP News, Hendro Lesmana. Dan adapun acaranya pula berlangsung dengan sukses dan meriah.

Sebagai penutupnya, akankah kunjungan “KMP BERTANDANG KE BALAI YASA MANGGARAI” Kloter 2 akan sukses juga seperti layaknya kunjungan di kloter 1? Ataukan apakah bisa sebaliknya? Kita tunggu saja kelanjutan beritanya di artikel berikutnya yakni “MELIHAT KESUKSESAN DARI KEGIATAN KMP BERTANDANG KE BALAI YASA MANGGARAI BAGIAN 2” hanya di KMP News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *