NO PINALTI & SUPLISI : Diberlakukannya Sistem Fare Adjustment (Penyesuaian Tarif)

NO PINALTI & SUPLISI : Diberlakukannya Sistem Fare Adjustment (Penyesuaian Tarif)
Daxa.net

Setelah adanya banyak keluhan penerapan pinalti yang memberatkan bagi para pengguna KRL Commuter Line dengan ketidaktahuan sistem kurang bayar , maka PT. KCJ akan segera memberlakukan sistem Fare Adjustment atau Penyesuaian Tarif.

Rincian Fare Adjustment atau Penyesuaian Tarif

  1. Bagi pengguna THB, penumpang yang kurang bayar tidak lagi dikenakan penalti, kekurangan tarif akan disesuaikan di stasiun tujuan dengan menggunakan CVim ataupun POS.
  2. Bagi pengguna KMT, penumpang yang tidak melakukan Tap In/Tap Out akan tetap dikenakan penalti sebesar tarif perjalanan terjauh (tidak ada perubahan), penumpang yang melakukan Tap Out dengan saldo kurang dari tarif minimum (Rp. 13.000,-) dapat melakukan Top Up di CVim ataupun POS sehingga tidak dikenakan suplisi.
  3. Bagi pengguna Kartu Bank, ketentuan e-ticketing tidak berubah. Saat ini pelayanan Fare Adjustment dibagi menjadi 3 kategori stasiun dengan SOP sebagai berikut:
    1. Stasiun dengan CVim Fare Adjustment.
      Penumpang yang kurang bayar tidak dapat keluar Gate tanpa ada flag penalti, maka penumpang langsung diarahkan ke Cvim Fare Adjustment untuk melakukan penyesuaian tarif/Top Up saldo dan kemudian melakukan Tap Out dengan normal.
    2. Stasiun tanpa CVim Fare Adjustment yang memiliki Loket Bidirection.
      Penumpang yang kurang bayar tidak dapat keluar Gate tanpa ada flag penalti, maka penumpang langsung diarahkan ke Loket Bidirection untuk penyesuaian tarif/Top Up saldo yang dilakukan oleh Petugas Loket dan kemudian penumpang melakukan Tap Out dengan normal.
    3. Stasiun tanpa CVim Fare Adjustment dan Loket Bidirection.
      Penumpang yang kurang bayar tidak dapat keluar Gate tanpa ada flag penalti, maka petugas stasiun menjelaskan tentang kekurangan bayar penumpang dan meminta kartu serta uang untuk dilakukan penyesuaian oleh petugas stasiun ke loket. Setelah penyesuaian tarif/Top Up saldo selesai petugas stasiun memberikan kembali kartu.

Dengan diberlakukannya Fare Adjustment atau Penyesuaian Tarif ini diharapkan akan semakin memberi kemudahan bagi para pengguna KRL Commuter Line.  Penumpang dalam menempuh perjalanan menggunakan Commuter Line tidak perlu takut dan bisa turun dimana saja tanpa khawatir dikenakan PINALTI dan SUPLISI, kata salah satu petugas gate PT. KCJ yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara itu pada hari Kamis 10 Agustus 2017, pak Adli Iskandar manajer Humas KCJ mengatakan “Itu tadi malam baru berubah di system e-ticketingnya, skrg masih periode uji coba.. Apakah setelah berubah di sistem, semua perangkat / hardware nya sudah singkron, jadi penerapannya masih belum tahu kapan pastinya”.

Pak Mega Rusandi VP Pelayanan KCJ juga membenarkan bahwa “Ini masih development system., implementasi nya menunggu hasil evaluasi system”.

Semoga uji coba secara teknis segera selesai dan sistem ini bisa DITERAPKAN secepat mungkin, selamat bekerja KCJ 👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *