Pertama Di Dunia : Workshop Coding Di Stasiun Kereta

Daxa.net

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata “stasiun kereta” ? Ingatan kita pasti langsung akan tertuju pada suasana kebisingan, hiruk pikuk, lalu-lalang manusia dengan mobilitas tinggi dan tentu hilir mudiknya rangkaian kereta yang dengan kegiatan turun naik penumpang.
Lalu bayangkan pula dengan kalimat “workshop coding” ? Wahh… pasti terbayang dengan suasanya tenang dalam ruangan ber AC dingin, perangkat laptop dan komputer yang tampak canggih, semua serba rapi dengan tampang orang-orang pinter yang disebut programmer.

Sekarang, apa yang terjadi jika keduanya tergabung jadi satu “workshop coding di stasiun kereta” ? Bagai bumu dan langit keduanya harus bersatu, sebuah kontroversi ! Mana mungkin ??
Tak ada yang tak mungkin bagi KMP@Cakruk, semua kontroversi bisa dilebur menjadi sebuah harmoni yang serasi. Bagaimana bisa ?
Yaaaa… KMP@Cakruk bekerjasama dengan Railink Jakarta, Praxis Academy dan Inspirach telah berhasil menyelenggarakan Workshop Android Development with Reach Native di stasiun Kereta Bandara BNI City (Sudirman Baru) Jakarta. Sebuah acara yang baru PERTAMA KALI ada di dunia ini workshop software developmen di stasiun kereta (Mestinya masuk Quiness Book of Record dan MURI yaaa.. :p).

Kegiatan yang sudah direncanakan sejak sebulan yang lalu itu telah berhasil diselenggarakan hari ini, Sabtu 27 Juli 2019. Tema yang SANGAT MENARIK untuk disajikan di ibu kota Jakarta ini apalagi tanpa dipungut biaya (kecuali yang pesan makan siang). Sejak pertama brosur disebarluaskan pada 10 Juli 2019, sudah banyak peminat yang mendaftar. Hingga 27 Juli 2019 tercatat 83 peminat yang mendaftarkan diri. Berhubung keterbatasan ruangan yang hanya mempu menampung 50 orang, akhirnya panitia harus melakukan saringan yang cukup ketat melalui 2 kali konfirmasi. Bagi peminat yang berhalangan hadir dan masih dalam dalam antrian akan ditampung untuk kloter kedua pelaksanaan workshop ini (semoga mas Didik masih bersedia).

Bapak Suhendar – Kepala Stasiun KA Bandara BNI City (Sudirman Baru) memberikan sambutan pada pembukaan workshop

Persiapan workshop coding

Sehubungan dengan kesibukan panitia sebagai pekerja, semua rencana kegiatan hanya dibahas dalam group WhatApps dan Telegram. Tak ada kendala tanpa ada meeting tatap muka, semua maklum adanya.
Jika semua sarana presentasi dipersiapkan oleh Praxis Academy, maka KMP@Cakruk bertugas untuk mempersiapkan tempat pelaksanaan workshop. Sang mentor (mas Didik) pun sangat mandiri dengan merancang materi untuk presentasinya.

Bahkan untuk perijinan dan persiapan di stasiun Bandara BNI Citypun tanpa ada hambatan. Pihak stasiun juga memahami hal ini dan hanya berkomunikasi lewat WA. Sungguh luar biasa Pak Suhendar selaku Kepala Stasiun dan Pak Rustam selaku manager Railink BNI City SANGAT membantu penataan tempat.
Sedikit membuat panitia agak was-was saat Abdullah selaku kooordinator dari Praxis Academy minta ijin tidak hadir pada hari H. Waaahhh… apa jadinya, sementara penitia lain belum saling mengenal apalagi bertemu :))
Namun semangat tak menghalangi panitia untuk terus melaksanakan workshop ini. Tak ada pertemuan panitia secara fisik, perkembangan dan koordinasi tetap hanya berbasis pada pesan singkat WA dan Telegram.

Pelaksanaan workshop

Akhirnya pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 kegiatan tersebut bisa dilaksanakan. Sambutan meriah pembukaan Workshop Android Development with Reach Native di stasiun Kereta Bandara BNI City (Sudirman Baru) Jakarta diberikan oleh Bapak Rustam Buntoro selaku Manager Railink BNI City.
Pak Rustam memberikan apresiasi tersendiri untuk acara ini. Sebuah acara yang langka diselenggarakan secara GRATIS di stasiun kereta. “Kegiatan ini bagus sekali, memang saat ini jika tak mengikuti perkembangan dunia IT kita akan ketinggalan. Railink sangat mendukung kegiatan positif ini”.

Pak Suhendar selaku Kepala Stasiun Sudirman Baru juga menyambut baik, “Acara seperti ini selain sangat bermanfaat bagi anggota komunitas Cakruk, juga menguntungkan bagi Railink. Dengan adanya acara ini semakin banyak masyarakat mengenal stasiun KA Bandara BNI City ini. Jika orang sudah mengenal stasiunnya, pasti ada rasa ingin tahu untuk menggunakan KA Bandara Railink. Dengan kata lain acara seperti ini menjadi ajang promosi buat Railink”.

Dalam suasana santai nan bersahabat Mas Didik in action sebagai mentor, memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan tentang Reach Native.

Tak mau ketinggalan dengan pak Rustam dan pak Hendar, mas Didik sang mentor workshop pun membawakan materi dengan semangat. Gayanya yang cool membuat para peserta banyak bertanya.
Materinya sangat menarik untuk diulas, dijelaskan secara gamblang tentang :

  • Tentang React Native (apa dan bagaimana)
  • Pengguna React Native
  • Persyaratan untuk belajar React Native
    • Pengetahuan penggunaan command line
    • Javascript ES6 / ES2015
    • Pengetahuan dasar NPM / YARN
  • Instalasi pendukung sistem
    • Node version > = 10
    • Android Studio (to get SDK and run on Android)
    • Xcode (to get Apple SDK and run on iOS)
    • Watchman (if using React Native CLI)
  • API (Application Program Interface)
  • Perbedaaan antara React Native dengan website
  • Konsep dasar React Native
    • Components,
    • Rendering
    • Lifecycles

Selain presentasi materi pokok React Native, juga dilakukan praktek ringan dalam workshop ini. Sebagai awal, seperti biasa dalam dunia IT selalu diawali dengan pembuatan tampilan “Hello World” pada App.js menggunakan class component.

Praktek selanjutnya, sesuai dengan tema workshop kali ini agar lebih langsung mengena untuk para anggota KMP@Cakruk adalah pembuatan sosial media sendiri.
Nahh… seru bukan ? Langkah-langkah pembuatannya bisa dilihat disini https://github.com/dotdidik/workshop-jkt

Hadiah es krim buat pemenang quiz mas Tonny

Rahasia terkuak : kelahiran Baby React

Ketidakhadiran rekan Abdullah Soedarmo sebagai kepala suku Praxis Academy sudah dimaklumi oleh semua panitia. Toh semua persiapan sudah matang. Abdullah menyatakan tidak hadir pada H-3 acara workshop dengan alasan “Anak mau konser hari Sabtu”.

Pukul 15.04 sebuah pesan WA muncul di group panitia dari Abdullah “Mas @⁨Didik Binar⁩ maaf blm bisa ketemu hari ini, pagi tadi istriku melahirkan, siang ini barusan nganter anaku konser”.
Wahhh… Ternyata… Ada yang lahiran… ! Congratz om Dul.. !! Kami menyambut kehadiran sang putra… Kami sebut dia “BABY REACT”.
Dan rahasia terkuak… Menjadi kejutan bagi kami, rekan Abdullah disela-sela persiapan kelahiran masih bisa ikut repot mempersiapkan acara ini.

Baby React putra Abdullah yang lahir di Yogyakarta,

Quiz On The Spot

Sekitar pukul 14.00, entah karena kenyang sehabis makan siang atau jenuh dengan workshop yang panjang, nampak para peserta mulai mengantuk.
Melihat hal ini, mas Tonny (Praxis Academy) langsung memberi kan quiz untuk membuat mata peserta kembali melek. Cukup mujarab jurus mas Tonny ini.

Namun mas Tonny dan panitia yang tidak mempersiapkan hal ini merasa kebingungan untuk memberikan hadiah… hahahha.. :))
Ahhh… beruntung di lingkungan stasiun KA Bandara BNI City cukup banyak gerai yang menual berbagai kebutuhan perjalanan.
Tanpa pikir panjang, tim KMP@Cakruk langsung berburu hadiah untuk 3 orang pemenang. Dannn… inilah hadiah tersebut… 😉

Peserta wanita juga mendapatkan es krim karena berhasil menjawab pertanyaan quiz

Suasana jam istirahat

Semangat para peserta untuk belajar pada Workshop Developer Android With React Native sangat tinggi, secara interaktif langsung bertanya jika penasaran. Saking semangatnya, hingga pada jam istirahat tampak banyak peserta yang tetap belajar dan diskusi.
Tim KMP@Cakruk berhasil merekam kegiatan mereka.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.00, sesuai ijin yang diberikan pihak stasiun Sudirman Baru maka acara harus berakhir. Tampak wajah-wjah kecewa dari para peserta yang masih ingin bertanya lebih banyak kepada mas Didik, namun apa boleh buat acara harus DITUTUP.
Namun, jangan khawatir karena diskusi selanjutnya bisa dilanjutkan di forum Telegram.

Terima kasih atas partisipasi anda dalam acara Workshop Android Development with Reach Native pada Sabtu, 27 Juli 2019 di stasiun KA Bandara BNI City.
Demi meningkatkan kualitas pada acara-acara selanjutnya, perkenankan para peserta untuk memberikan masukan dan kesan-kesannya.
Kesan-kesan ada SANGAT BERARTI bagi kami guna mendukung kegiatan selanjutnya. Jangan lupa untuk melampirkan foto diri untuk kemi tampilkan pada website cakruk.com.
Formulir testimoni bisa di akses di https://forms.gle/5WT7fiM1EVAsP1JPA
Testimoni ini sebagai syarat untuk mendapatkan e-sertifikat yang akan di kirimkan melalui akun email.

Bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang Mobile Apps Developmer silakan bergabung dalam program bootcamp di Yogyakarta.
Dan yang ingin belajar tentang Node.JS bisa mengikuti di Jakarta, info lebih lengkap silakan hubungi om Dul.

Tetaplah bersama kami untuk mengikuti kegiatan berikutnya. SAYONARAAAA…

Kepada :

  1. Railink Jakarta
  2. PT. KAI
  3. Bapak Suhendar (Kepala Stasiun Sudirman Baru)
  4. Bapak Rustam Buntoro (Manajer Railink BNI City)
  5. Mas Didik Irawan selaku mentor workshop
  6. Praxis Academy dan crew
  7. Inspirach
  8. Para peserta workshop

Terima kasih atas kejasama dan dukungannya sehingga acara ini sukses dilaksakan.

Koleksi foto dan video acara ini bisa dilihat pada https://drive.google.com/folderview?id=1xG64pqcOZzvkvoLBbV6ZdNtuJ7PtXqX9

Dokumentasi foto dan video : Toni Hainuri, Muh. Ikhbal, Hendro Lesmana, Christiana Erna

Tim KMP@Cakruk bersama mas Didik mentor workshop
Foto bersama peserta dan panitia workshop di dalam Railink Lounge
Foto bersama peserta dan panitia workshop di lobby Railink Lounge stasiun BNI City Jakarta

2 thoughts on “Pertama Di Dunia : Workshop Coding Di Stasiun Kereta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *