SPESIAL & PENTING : Sediakan Kantong Sampah Di KRL

Daxa.net

Perih dan sedih saat melihat satu postingan rekan Wiyono Nugroho di FB KRLMania Perjuangan.
Postingan dari komunitas Meme Politik Indonesia yang menampilkan foto keadaan salah satu kereta yang penuh sampah. Sampah berserakan di lantai bukan dalam tempat atau kantong sampah.
Foto yang sempat beredar setelah petaka Perka lintas Greenline pada tanggal 03 Maret 2018.

Mendidih darah ini melihat komentar-komentar yang ditinggalkan anggota komunitas tersebut.
Semisal komentar Sulistiani Novi ana “Jorok indonesia, maaf bukan banding kan tapi kebiasaan baik bisa di tiru kayak di Taiwan kereta cepat dilarang keras makan dalam kereta, ketauan bisa dikeluarin dari dalam kereta dan kena denda, apalagi sembarang buang sampah ada peringatan keras”.

“Hahahaha udh biasa sih, pada buang sampah sembarangan, terlepas ini foto asli atau hoax, yg jelas memang gak bisa di pungkiri klw kebanyakan orang indonesia itu masih suka buang sampah sembarangan, meskipun di tempat umum, WALAUpun ada tong sampah di samping nya, tetap aja pada bar berrr buang sampah sembarang,
Mau bully saya? Silahkan… Itu faktanya seperti itu”, Asep Aryanto.

Dan masih banyak komentar negatif lain yang jumlahnya lebih dari 600.
Walau ada juga komentar yang bernada positif seperti Danang Sadewo “Sepanjang pengalaman saya naik KRL,keadaan ini tdk pernah terjadi sehari2. Dikarenakan petugas kebersihan akan mebersibkan bahkan mengepel lantai kereta setiap bbrp jam. Di samping itu petugas/polisi kereta jg mengawasi, dilarang makan/minum di atas kereta. Namun hal ini bisa saja terjadi dan tidak terkendali pd kondisi khusus, misalnya adanya penumpang yg massal seperti supporter sepak bola’.

Sebagai seorang roker, tuduhan-tuduhan keji tersebut membuat saya geram dan secara pribadi berkomentar “MOHON MAAF ya saudara2… Ini kebiasaan cuma posting hal2 negatif tanpa disertai komentar yg benar. Selaku roker Greeline dimana rangkaian KRL tersebut sedang berdinas saat itu… Para roker Greenline Tanah Abang – Rangkasbitung terjebak dlm rangkaian KRL, perjalanan yg mungkin hanya 1 jam bisa jadi sepanjang malam.
KRL terakhir yang diberangkatkan pada pukul 01.30 dini hari dari Tanah Abang disaat seharusnya semua penumpang sudah lelap dlm tidur dan mrk masih terjebak dlm rangkaian KRL… Jika mrk tdk makan & minum apa yg akan terjadi ?
Dlm suasana galau, lapar & haus jauh dr fasilitas t4 sampah apa yg akan anda lakukan jika itu anda alami sendiri !
Bukan promosi… Sekedar untuk klarifikasi bagi rekan2 roker Greeline yg telah dituduh JOROK dll… (Dalam situasi normal tanpa gangguan Perka / perjalanan kereta sikon dlm KRL selalu BERSIHHH”… Silakan baca di http://cakruk.com/malam-minggu-kelabu-gangguan-perka-beruntun-greenline/”.

Ketika para roker Greenline korban musibah beruntun Sabtu malam tersebut, yang terjebak berjam-jam dalam rangkaian KRL dihujani komentar tidak sedap haruslah dilihat sisi permasalahannya.
Seperti yang dilakukan rekan Toms Herman dalam komentar di FB KRLMania Perjuangan “Kecuali dpet mkanan dr pihak kci baru deh boleh salaah2 in pnp..udh dksih nyampah lgi…lah iniiiiii mah modal sndiri ko..nasib baik pada bawa bekel klw tak..macam mana😥”.

Secara pribadi sebagai roker TIDAK PERNAH membuang sampah di area stasiun maupun dalam rangkaian KRL merasa geram dan jengkel dengan komentar-komentar tersebut.

Mengapa selalu roker (PENUMPAMG) yang disalahkan ?
Mengapa tidak dibalik… KEMANA pihak OPERATOR ?
Disaat kejadian khusus tersebut mengerahkan crew OTC (On Trip Cleaning) yang memang bertugas menjaga kebersihan dalam KRL. Atau bisa juga OSC (On Station Cleaning) petugas kebersihan stasiun. Masih ada juga tenaga Walka serta PKD yang bisa mengedarkan TEMPAT/KANTONG SAMPAH sepanjang perjalanan.

Kantong sampah juga SANGAT MUDAH dan RINGAN dibawa selama perjalanan KRL. Aman untuk diletakkan di kabin masinis yang tidak memerlukan tempat khusus dan luas.

Sangat SEDERHANA dan MURAH bukan… ? Sangat disesalkan jika pihak KAI melalui Kepala Stasiun atau KCI melalu crew Cleaning Servicenya tidak secara spontan melakukan hal ini !
PELAJARAN SANGAT BERHARGA, KAI & KCI TIDAK HANYA MENGHIMBAU dan MELARANG BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, tapi sediakan fasilitasnya !

Dokumentasi Foto : Meme Politik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *