Stasiun Klender Kebakaran, Perjalanan KA Sempat Mengalami Gangguan

Stasiun Klender Kebakaran

Stasiun Klender yang sedang dilalap oleh “Si Jago Merah” (Foto : Vivanews.com)

Jakarta, KMP News – Kebakaran telah terjadi di Stasiun Klender, Jakarta Timur pada pagi hari tadi, semua perjalanan KRL maupun Kereta Api yang akan melintas di stasiun tersebut terpaksa tidak bisa melewati stasiun, karena kebakaran telah menghanguskan sejumlah bangunan di area Stasiun Klender, Jakarta Timur.

Dari kronologis cerita kejadian, menurut Senior Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta Suprapto yang Tim KMP News telah mengutip dari detiknews.com mengatakan “Kebakaran di Stasiun Klender berawal pada pukul 07.15 WIB, Jumat (19/5). Para petugas di Stasiun Klender mencoba untuk memadamkan, namun api semakin membesar dan merembet hingga ke bangunan stasiun.” ujar Suprapto.

Dan Suprapto juga menambahkan “Ruangan yang pertama terbakar yaitu ruang gudang, kemudian api tersebut merembet hingga ke seluruh bangunan hingga gerbang stasiun, dan Pemadam kebakaran juga sedang berusaha untuk memadamkan api hingga padam seluruhnya hingga pukul 08.05 WIB”.

Suprapto kembali menambahkan “Untuk kerugian masih kami data, tapi cukup besar kerugiannya karena terbakar semua dan setelah terjadinya kebakaran ini perjalanan operasional KRL diberlakukan secara manual. Dan pengaturan perjalanan KRL dan Kereta Api tersebut dilakukan oleh petugas Stasiun Jatinegara dan Stasiun Cakung”.

Kendati demikian, untuk penumpang yang naik dan turun di Stasiun Klender untuk sementara waktu dialihkan ke Stasiun Jatinegara atau Buaran. Hal ini dilakukan dikarenakan Stasiun Klender belum dapat beroperasi kembali, karena kebakaran yang terjadi pada pagi hari tadi.

Suprapto kembali menambahkan “Untuk turun naik penumpang Stasiun Klender juga saat ini belum bisa dilakukan turun naik penumpang. Jadi silahkan para penumpang khususnya penumpang KRL yang akan turun di Stasiun Klender, silahkan turun di Stasiun Jatinegara dan Buaran.”

Hal serupa dijelaskan oleh Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Agus Komarudin yang Tim KMP News telah mengutip dari laman CNN Indonesia mengatakan “Api di stasiun Klender muncul dari plafon gedung utama. Petugas KAI Commuter Jakarta (KCJ) sempat berusaha untuk memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran (apkar) yang tersedia di stasiun. Namun, upaya petugas tersebut tak membuahkan hasil. Dan api tersebut semakin membesar mulai dari pukul 07.30 WIB. Dan saat itu juga, api mulai membakar atap gedung utama stasiun. Dan kemudian setelah datang pemadam kebakaran, akhirnya api yang berkobar di stasiun bisa dipadamkan hingga api tersebut tidak ada pada pukul 08.11 WIB tetapi masih ada kepulan, pendinginan, namun api tidak ada sampai pukul 09.30 selesai oleh pemadam,” ujarnya.

Selama kebakaran terjadi, tidak ada satu pun kereta jarak jauh dan Jabodetabek yang melintasi stasiun klender. Dan arus kereta melalui stasiun tersebut baru dibuka pada pukul 08.55 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk penyebab sementara kebakaran yang terjadi karena hubungan arus pendek listrik yang berada di ruang gudang Stasiun Klender, Namun sejumlah ruangan yang terbakar seperti ruang pengatur perjalanan kereta api, loket, gate, dan ruang kepala stasiun, serta ruang administrasi habis dilahap si jago merah pada kejadian ini.

Sumber Lampiran Gambar : Tribunnews.com dan Kumparan.com

Api yang masih belum padam di Stasiun Klender

Stasiun Klender setelah kebakaran, terdapat hanya sisa puing – puing yang terlihat

Gate masuk dan keluar Stasiun Klender rusak parah akibat kebakaran yang terjadi di Stasiun Klender

Asap yang membubung tinggi di lokasi kejadian

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *