Tiga Set Rangkaian JR 205 Musashino Tiba di Jakarta, KCI Kembali Tambah Armada Kereta

Daxa.net

Rombongan JR 205-29 Ketika Sedang Melintas Langsung Stasiun Sudirman| Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

 

Jakarta, Cakruk News – Tepat pada hari Sabtu 14 April 2018, sebanyak tiga set rangkaian JR 205 dari Jalur Musashino secara resmi sudah tiba di Jakarta pada siang hari ini dengan menggunakan Kapal Zelada Desgagnes yang berasal dari negara Barbados.

 

Sebagai tambahan informasi, Kapal Zelada Desgagnes diberangkatkan dari Pelabuhan Niigata, Jepang pada hari Selasa 3 April 2018, dan kapal tersebut hanya transit di Singapura sebelum kapal tiba di Jakarta dengan melalui rute Taiwan, Singapura, Batam, Bangka Belitung, dan Jakarta.

 

 

Mengingat telah tibanya kapal yang mengangkut JR 205 Musashino di Pelabuhan Tanjung Priok dan sekaligus ingin mengambil dokumentasi, Tim Redaktur Cakruk News akhirnya bergegas untuk menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok yang perjalanannya dipimpin oleh Ketua Redaktur Cakruk News dari Jalur Blueline, Pandu Aji Prakoso dan Pemimpin Redaksi Cakruk Media, Hendro Lesmana serta dengan rombongan yang ikut untuk melihat proses bongkar muat rangkaian kereta tersebut.

 

 

Sebelum Rombongan Tim Cakruk News memasuki area Pelabuhan Tanjung Priok, kami harus melakukan laporan terlebih dahulu dengan pihak pelabuhan agar bisa mendapatkan izin untuk memasuki area pelabuhan, dan setelah dinyatakan boleh masuk ke area pelabuhan, Rombongan Tim Cakruk News diantar dengan menggunakan mobil semacam shuttle bus untuk diantar menuju dermaga dimana kapal Zelada Desgagnes parkir.

 

Setelah menunggu waktu yang cukup lama, akhirnya tepat pada pukul 14:14 WIB, kereta pertama dari seri JR 205-44 diturunkan dari kapal. Melihat proses tersebut, Rombongan Tim Cakruk News beserta para pencinta kereta lainnya bergegas untuk mengambil dokumentasi dari proses kereta diturunkan kapal ke truk hingga proses pengantaran rangkaian kereta dengan truk menuju Stasiun Pasoso guna untuk melakukan proses penyambungan rangkaian kereta.

 

 

Menurut Pihak Pelabuhan Tanjung Priok yang saat itu sedang bertugas, rangkaian kereta yang diturunkan pertama kali dari Kapal Zelada Desgagnes antara lain urutan 17F – 24F (Rangkaian JR 205-44), kemudian disusul urutan 1F – 8F (Rangkaian JR 205-33), dan terahir urutan 9F – 16F (Rangkaian JR 205-29).

 

 

Dari proses penurunan kereta tersebut, adapun menurut Pemimpin Redaksi Cakruk Media, Hendro Lesmana mengatakan “Diluar dugaan, kapal yang mengangkut rangkaian JR 205 Musashino sampai di Jakarta, sebenarnya kapal tersebut tiba di Jakarta estimasinya paling cepat hari Minggu (15/04/2018), tapi harapannya semoga penambahan kereta ini bisa menambah jumlah angkut penumpang KRL di Jabodetabek” Ujarnya.

 

 

Selain itu adapun menurut Pemimpin Redaksi Sakura News, Abdur Rahman juga mengatakan “Tambah kereta? Semoga jadwal kereta bisa nambah juga.. Karena solusi inilah yang bisa membuat hilang permasalahan ini, tapi dibarengin dengan waktu tunggu kereta yang manusiawi” Ujarnya.

 

Kemudian adapun menurut COO KRL Mania Perjuangan, Christiana Erna AW juga mengatakan “Ada kereta dari Jepang datang ke Jakarta? Semoga bisa segera tambah jadwal perjalanan kereta di seluruh lintas secara bertahap.. Terutama di lintas Tanah Abang – Rangkas Bitung.. Agar segera juga operasikan rangkaian formasi 12 kereta” Ujarnya.

 

Hingga saat ini proses perunan rangkaian kereta masih dilakukan dan estimasi selesai paling cepat pada esok hari (Minggu 15/04/2018). Setelah kereta diturunkan hingga proses penggabungan rangkaian kereta selesai, rangkaian kereta kemudian dibawa menuju Stasiun Tanjung Priok dan disambung ke Dipo Depok dengan menggunakan Kereta Penolong NR dan lokomotif secara bertahap guna untuk melakukan proses pengecetan dan pemasangan signane informasi pada kereta.

 

Situasi Stasiun Pasoso Secara Kejauhan | Sumber : Tim Redaktur Cakruk News – Hendro Lesmana

 

Sebagai informasi tambahannya, pada tanggal berapakah rangkaian JR 205 Musashino secara resmi perdana dinas di Jabodetabek? Kemudian seri manakah yang akan lakukan debut dinas perdananya? Simak beritanya lebih lanjut hanya di Cakruk News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *