Penyebab Pantograf Sering Menyangkut LAA

Daxa.net

Pada Umumnya Pantograf merupakan salah satu sumber pengantar arus Listrik dari Kabel Listrik aliran Atas (LAA) menuju kompone-komponen utama yaitu:

  1. Motor Generator,
  2. AC,
  3. Lampu
  4. Bagian Kelistrikan Lainnya.
Besaran daya sekitar 1500 Volt DC untuk menghidupkan 1 trainset kereta (1 rangkaian KRL). Pantograf adalah bagian PALING penting dan bisa diibaratkan sebagai NYAWA kereta. Walaupun sebagai NYAWA rangkaian KRL, tetapi ada saja kendala yang sering dialami, seperti patah, nyangkut, dan sebagainya. Peristiwa tersebut hampir sering terjadi di semua lintas. Lintas Greenline yang beberapa kali mengalami insiden tersebut.

Main Collector Pantograph

Salah satu penyebabnya hal ini bisa terjadi adalah Main Collector Pantograf yang sangat tipis sehingga menyebabkan nyakutnya/patahnya pantograf. Main Collector sendiri bergesekan langsung dengan kawat baja LAA (Listrik Aliran Atas). Penyebab yang kedua yaitu Berat Tekanan Pantograf ke udara. Beratnya tekanan pantograf berpengaruh pada kondisi pantograf. Karena jika tidak sama dengan standar, pasti akan terjadi kendala Yang aneh-aneh.

Main Collector Pantograph dalam keadaan off

Editor : Christiana Erna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *